Tentang FKUR

Fkjpg A. SEJARAH FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS RIAU

Pada awalnya fakultas kedokteran Universitas Riau (FK UR) bernama program pendidikan dokter Universitas Riau (PPD UR) yang memulai proses kegiatan belajar mengajar sejak di terbitkannya surat keputusan izin penyelenggaraan program pendidikan dokter Universitas Riau no. 3082/D/T/2001 tanggal 25 september 2001 oleh direktur jendral pendidikan tinggi. Dengan dikeluarkannya SK tersebut, maka tahun akademik (TA) 2001/2002, PPD UR menerima 62 orang mahasiswa yang di seleksi melalui UMPTN (ujian masuk perguruan tinggi) khusus dan PBUD (penelusuran bibit unggul daerah) untuk seluruh kabupaten/kota di provinsi Riau.

Kuliah perdana PPD UR dilaksanakan di aula gubernuran provinsi Riau pada tanggal 3 september 2001 yang di buka langsung oleh gubernur Riau H. Saleh Djasit, SH. Sedangkan kuliah umum di berikan oleh Prof. dr. H. Kamardi Thalut, SpB, yang berasal dari fakultas kedokteran univesitas andalas (FK Unand) Padang dan juga merupakan ketua tim asistensi PPD UR.

Upaya merintis pendirian PPD UR diawali dengan ditandatanganinya kerjasama antara UR dengan kantor wilayah departemen kesehatan (kanwil depkes) provinsi Riau pada tanggal 26 januari 1999. kemudian pada tanggal 26 juni 1999 di tanda tangani memorandum of understanding (MoU) suatu kerjasama tripartid antara Pemprov Riau, UR, Unand yang di ikuti penandatanganan petunjuk pelaksanaan/petunjuk teknis dari MoU oleh Pemprov Riau, UR, Unand.

Awalnya kegiatan perkuliahan dan praktikum serta kegiatan administratif di laksanakan di kampus bina widya UR, simpang baru dan kompleks RSUD provinsi Riau. Namun semenjak TA 2003/2004 seluruh kegiatan sudah di laksanakan di kampus baru PPD UR jalan diponegoro no.1 pekanbaru yang di bangun oleh Pemprov Riau. Kampus baru ini di resmikan oleh gubernur Riau H. Saleh Djasit, SH pada tanggal 8 agustus 2003 dan mulai digunakan secara resmi pada tanggal 23 september 2003.

Pada tanggal 20 april 2004 Dirjen Dikti Prof. Dr. Satryo Soemantri Brojonegoro berkesempatan langsung meninjau kampus baru dan proses penyelenggaraan pendidikan PPD UR. Berdasarkan peninjauan yang di lakukan, Dirjen Dikti menerbitkan surat rekomendasi nomor 4400/D/T/2004 tenggal 8 november 2004 tentang perubahan status program pendidikan dokter (PPD UR) menjadi fakultas kedokteran Universitas Riau (FK UR). Sebagai dekan ditunjuk dan diangkat Dr. Andi Zainal. SpPD-KGEH melalui surat keputusan rektor Universitas Riau nomor 22/J19/KP/2005 tanggal 26 januari 2005 tentang pengangkatan dekan fakultas kedokteran Universitas Riau.

B.VISI, MISI, DAN POLA ILMIAH POKOK

1. VISI

Visi FK UR adalah menjadi lembaga utama penghasil ahli di bidang kedokteran serta pusat unggulan pengembangan ilmu dan tekhnologi kedokteran yang berhubungan dengan kesehatan lingkungan dan keselamatan kerja industri dengan kekhususan wilayah kelautan, pantai dan perairan yang mampu bersaing secara global.

2. MISI

Misi FK UR adalah meningkatkan kualitas sumber daya menusia di bidang kedokteran dan bidang-bidang lain terkait dengan sektor kesehatan melalui pengembangan intelektual, pendidikan, dan pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat.

3. Pola Ilmiah Pokok sebagai Centre of Excellence

Pola ilmiah pokok (PIP) FK UR adalah “kesehatan lingkungan dan keselamatan kerja industri, wilayah kelautan, pantai dan perairan”.

C. KERJASAMA

Untuk pengembangan FK UR, maka di jalin kerjasama dengan berbagai pihak antara lain Unand, Pemprov Riau, dinas kesehatan provinsi Riau, RSUD provisi Riau, pemerintah kota pekanbaru, dinkes kota pekanbaru, RSUD Bangkinang, RSUD rengat, RSUD dumai, RSUD tanjung pinang, puskesmas rumbai, puskesmas airtiris, national university of Singapore (NUS), dan Muscat co.Ltd, suatu perusahaan non pemerintah dari jepang.

%d bloggers like this: